About

Landak Manis

This is default featured post 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

10 Agt 2012

Beda Landak (porcupine) dan Landak Susu (hedghehog) ?

Beda Landak (porcupine) dan Landak Susu (hedghehog) ?
Landak (porcupine) adalah landak yang selama ini kita lihat baik di TV maupun difilm karton, dimana kalau diserang musuh, dia bisa "melontarkan" durinya sehingga musuh kabur kesakitan
Landak (porcupine) ini juga termasuk herbivora, Masa kehamilan sekitar 16 minggu atau hampir 100 hari, dan bisa terjadi 2 kali dalam setahun. Umur Landak
(porcupine) dikabarkan ada yang pernah mencapai 20 tahun
Anak Landak (porcupine) dilahirkan dengan mata terbuka dan bulu lembut.


Yang sekarang lagi menjadi trend pet adalah Landak Susu (hedghehog), binatang insectivora yang artinya pemakan serangga, banyak orang masih beranggapan bahwa hedgehog domestik adalah landak (procupine). Yang sebenarnya mereka benar-benar berbeda dan tidak berhubungan. Sementara bulu landak benar-benar runcing, berduri, dan sangat berbahaya; bulu hedgehog rata dan tidak sampai runcing. Memegang hedgehog dapat dimiripkan seperti sikat rambut – kasar tetapi tidak berduri. Umur Hedghog bisa mencapai 4-7 tahun. Hedgehog menghadapi musuhnya dengan mengulung diri seperti bola

Berbeda dengan Anak Landak (porcupine), anak landak susu (hedghehog) lahir dalam keadaan buta, merah, hampir botak ajaibnya, dalam beberapa jam saja duri lunak mereka muncul dari dalam kulit. Setelah beberapa bulan, duri "percobaan" yang masih lunak itu tanggal untuk diganti dengan duri lain yang lebih betulan.

FAQ tentang hedghehog
Dimana tempat yang terbaik untuk membeli hedgehog?
Umumnya, lebih baik membeli hewan peliharaan dari peternak daripada toko, tetapi sayangnya ini tidak selalu mungkin. Dimana pun anda beli akhirnya, pastikan peternak atau toko tersebut mempunyai paling sedikit informasi akan umur dan latar belakang akan hedgehognya.

Jika ada beberapa hedgehog untuk yang dipilih, hedgehog mana yang harus saya pilih?
Anda dapat memilih satu ekor hedgehog karena mereka hidup menyendiri dan umumnya tidak suka bersama-sama dalam satu kandang. Jangan pernah membeli jantan dan betina untuk ditaruh dalam satu kandang jika anda tidak mau mengembang-biakan. Hedgehog siap untuk berkembang-biak paling cepat 8 minggu tetapi sebaiknya betina jangan diternak sebelum umur 5 bulan, jadi berhati-hatilah.

Watak Ini adalah salah satu yang penting dan sebaiknya menjadi satu faktor keputusan apakah anda akan membeli hewan itu atau tidak. Setelah memilih salah satu calon, telitilah dengan baik. Apakah dia membuka gulungan setelah beberapa detik? Apakah dia mengklik, lompat atau mendesis? Mendesis tidak apa-apa. Dia hanya sedikit takut terancam anda karena dia tidak mengenal anda. Tetapi mengklik berarti dia mencoba mengancam anda.

Sikap ini tidak dapat diterima dan sebaiknya anda mencari hedgehog lainnya yang sifatnya lebih baik. Setiap hedgehog berbeda dan unik. Beberapa suka bermain dan bertualang, sedangkan yang lain mungkin lebih suka dielus dan dipeluk. Anda akan lebih puas dengan hewan peliharaan anda yang baru jika anda memilih salah satu yang sesuai dengan kepribadian dan gaya hidup anda.


Memilih hedgehog yang sehat.
* Apakah matanya baik, bulat, bercahaya, terbuka lebar dan bersinar tanpa cairan?
* Apakah hidungnya bersih dan tidak meler?
* Apakah telinganya pendek, bersih tanpa ada kotoran atau lapisan keras dibelakangnya? Seringkali telinga dikunyah oleh anaknya. Selama telinganya telah sembuh maka ini tidak perlu dikhawatirkan.
* Apakah bulu rambut pada perutnya halus dan tidak kusut?
* Periksa kandangnya, apakah kehijauan atau ada bekas diare?
* Apakah badan hedgehognya gemuk? (bukan lemak)
* Taruhlah ditempat yang datar seperti meja dan lihat dia berjalan. Apakah dia terhuyung-huyung atau kesulitan untuk tetap tegak?
* Apakah anda mendengar derikan pada saat dia bernafas? (Jangan buat kekeliruan, hedgehod saat chirping(siulan), purring atau cheeping untuk bunyi derik radang paru-paru.

Jenis kelamin hedgehogBetina dan jantan keduanya sama dapat menjadi hewan peliharaan yang baik jadi keputusan ini tergantung pada anda sendiri. Anda dapat cepat membedakan jantan atau betina. Jika hedgehog jinak dan bersahabat, perlahan putar roll over dan lihat ke daerah ekornya. Alat kelamin betina dekat dengan anus, sementara alat kelamin jantan agak keatas perutnya. Jaraknya kurang lebih 1,5 cm pada anak/hoglet jantan. Tetapi, jarak ini bertambah menjadi 2 cm atau lebih pada saat dewasa.

Umur berapa sebaiknya sebelum hedgehog dapat di bawah pulang ke rumah?
Jangan pernah membawa pulang ke rumah sebelum umurnya paling sedikit enam minggu. Hedgehog yang lebih tua juga boleh, tetapi perlu dipertimbangkan bahwa hedgehog muda, lebih baik kesempatannya menjalin ikatan dengan anda.

Kandang macam apa yang mereka perlukan?
Hedgehog anda akan membutuhkan rumah yang aman karena mereka termasuk pemanjat yang baik dan dapat mudah sekali keluar dari kandang jika tutup atasnya terbuka yang umumnya kandang untuk marmut atau kelinci. Jika anda menggunakan kandang dengan atas terbuka, kandang tersebut harus memiliki daerah licin/datar paling sedikit tingginya 30 cm dan memiliki area lantai 40 x 60 cm. Aquarium 60 cm juga cukup sesuai. Tetapi juga harus memiliki sirkulasi yang baik dan penerangan yang cukup tetapi jangan terkena sinar matahari langsung pada siang hari.

Taruhlah rumah baru hedgehog anda di daerah yang nyaman, hangat, pencahayaan yang cukup, bebas dari sampah dan sinar matahari langsung. Mereka paling nyaman pada suhu antara 18-27 derajat Celsius.

Sebagai tambahan kandangnya, hedgehog anda juga akan membutuhkan perlengkapan dibawah ini:

Alas: serutan aspen, pinus adalah pilihan yang terbaik untuk alas/bedding. Jangan serutan cedar. Tongkol jagung (corn cobb) yang telah dihancurkan juga dapat menjadi alas yang baik dan aman dipakai untuk betina dan yang dewasa, tetapi sebaiknya tidak dipakai untuk jantan yang masih mudah. Taruh alas setinggi kira-kira 5 cm secara rata di lantai kandangnya.

Tempat Makanan: Tempat makanan perlu cukup lebar dan berat untuk mencegah hedgehog anda membalikan isinya dan menggunakannya sebagai mainan. Keramik kecil yang digunakan untuk roden kecil adalah tempat makanan yang baik untuk hedgehog. Lebar atau diameter tempat makanan bisa 8 รข€“ 16 cm dan ketinggiannya sebaiknya jangan melampui dari 8 cm.

Botol air: Botol air lebih baik daripada tempat minum yang terbuka. Hedgehog suka sekali mengisi tempat air minumnya yang terbuka dengan serutan sehingga menyulitkan mereka sendiri untuk mendapatkan air yang cukup.

Tempat persembunyian: Ini dapat yang sederhana seperti pipa pvc 4 inch, teko plastik, atau kotak bekas sepatu ditambah dengan lubang. Kotak ini sebaiknya diganti setiap 2 atau 3 minggu. Sekali.
Kotak kotoran(litter box): Hewann peliharaan anda akan menggunakannya jika anda menyediakannya. Kotak kecil dalam 5 cm, 15 x 20 cm, setengahnya cukup diisi dengan pasir zeolite no.2 dicampur pasir bali

Makanan apa yang saya harus berikan dan berapa banyak?
Meskipun di beberapa toko tersedian makanan hedgehog, makanan kering diformulasikan untuk kucing dan anak kucing merupakan pilihan yang sama baiknya. Apapun makanan yang anda pilih, sebaiknya ditambah dengan makanan variasi lainnya seperti sayuran, ulat hongkong /ulat jerman, mealworm, dan jangkrik, daging yang telah dimasak dan buah-buahan dan sayuran.

Tetapi makanan tambahan ini sebaikanya tidak diberikan lebih dari 3 atau 4 kali dalam seminggu. Makanan kering sebaiknya menjadi makanan utamanya. Sementara makanan kering dapat diberikan secara bebas untuk semuanya, tetapi untuk hedgehogs yang kegemukan tambahannya sebaiknya hanya diberikan tidak lebih dari 15 menit lalu angkat sisanya.

Perawatan dan Penanganan
Waktu anda membawa pulang hedgehog yang baru, taruhlah dia di kandang dan biarkan dia sendiri paling sedikit sehari. Anda dapat mengangkat dan memegangnya sekali atau dua kali dalam beberapa menit di hari pertama, tetapi ingat, kemungkinan hedgehog memerlukan seminggu sebelum dia serasa seperti dirumahnya sendiri lagi.
Bayi hedgehogs memerlukan tidur yang cukup pada bulan pertamanya setelah dia bersama anda, jadi jangan terlalu khawatir jika pertamanya dia banyak tidur.

Reproduksi kapan dan bagaimana
Dihabitat aslinya, mereka menyambut musim kimpoi (kawin) dengan teriakan riuh rendah para jantan, mirip dengkuran ****. Mereka mulai berubah bentuk. Kelenjar kelaminnya membengkak, sampai perutnya membuncit. Tetapi perut buncit ini justru membuat mereka seksi di mata para betina. Landak jantan pamer perut buncitnya sambil mengelilingi betinanya terus-menerus, diiringi dengkuran secara berkala yang ritmis, sampai betina yang dirayu akhirnya merebahkan semua duri tegangnya.

Rayuan gombal berakhir, dan diikuti acara pacaran, berupa ambus-ambus (saling menyentuh Hidung masing-masing). Selesai acara ini, perkimpoian dimulai. Bagi yang berjiwa romantis, jangan bayangkan suasana mesra, mereka akan saling mengigit, mendesis (kalau bisa jambak2an kali) bahkan sampai berdarah-darah, Yang jantan akan mengelilingi yang betina beberapa jam sebelum acara kawin (mating), setelah mengelilingi 10-12 kali, akhirnya yang betina tunduk, merebahkan durinya dan si jantan berpegang pada bahu si betina dengan mengigitnya ck ck ck

Semasa kehamilan, sampai melahirkan sebaiknya jantan dan betina dipisah, tiga puluh lima hari kemudian lahirlah anak-anak landak susu, 4 - 7 ekor sekaligus, tapi berurutan. Mula-mula masih merah, buta, dan tidak berduri. Akan tetapi, ajaibnya, dalam beberapa jam saja duri lunak mereka muncul dari dalam kulit. Setelah beberapa bulan, duri "percobaan" yang masih lunak itu tanggal untuk diganti dengan duri lain yang lebih betulan.

5 Agt 2012

Anointing

Anointing
Apa itu Anointing? Anointing adalah saat hedgehog anda menjilati tubuh atau durinya hingga seperti berbusa. Anointing adalah respon mereka ketika mereka menemukan bau yang asing yang tidak biasa mereka endus.
Dalam hal seperti ini, landak mungkin akan menggigit atau mengunyah sumber bau, maka mulutnya membuat sabun berbuih. Selanjutnya air liur yang tersimpan pada saliva akan menempel pada durinya saat mereka memutar badan dan menjilati tubuh. Negitu banyak landak meliukkan tubuh mereka sampai mereka jatuh, beberapa hedgehog menjadi sangat berkonsentrasi saat mereka melakukan anointing, sehingga mereka menjadi tidak menyadari lingkungan mereka pada saat itu.

Mengapa landak melakukan Anointing?
Tidak seorang pun yang tahu pasti mengapa landak melakukan hal yang lucu tersebut (bahkan pada saat pertama kali anda menjumpai hal itu, mungkin akan tampak “mengerikan” melihat duri2 landak berbusa). Ada banyak teori di luar sana yang mencoba menjelaskan perilaku ini. Beberapa teori adalah:
* Landak berusaha untuk menutupi bau mereka dan bersembunyi dari predator
* Busa yang dihasilkan berfungsi sebagai racun bagi musuh landak, dan dapat menyebabkan iritasi.
Don’t care kenapa mereka melalukan hal itu, entah karena kebiasaan ataupun hal lainnya, yang pasti Anointing adalah perilaku normal pada semua landak, dan sama sekali tidak berbahaya. Lumayan juga untuk menjadi hiburan melihat tingkah polah landak mini kesayangan anda. Jangan heran jika saat andak pulang kerumah dan melirik si duren kecil dalam kondisi tubuh berbusa di beberapa tempat.

Mengenal Landak Mini

Apa itu landak mini atau Hedgehog?Landak mini secara umum dikenal sebagai mamalia kecil dengan lapisan kaku, yaitu duri runcing menutupi punggung mereka. Mereka memiliki hidung runcing, dan mata yang agak menonjol terletak di sisi wajah. Telinga mereka biasanya bulat, meskipun dalam beberapa spesies, bisa jadi memanjang, dan terletak tinggi di sisi kepala. Mereka memiliki ekor yang kecil dan pendek, dan secara fungsional sangat sedikit digunakan. Mereka dapat menggulung seperti bola duri ketika terancam.Apakah landak bersifat liar?
Meskipun benar bahwa landak mini adalah spesies yang baru-baru ini dipelihara, tapi landak mini sebagai pet, yang kita miliki bukan binatang liar. Landak mini adalah campuran dari dua jenis landak, dan bukan merupakan varietas alami

Termasuk jenis apakah landak?
Berlawanan dengan beberapa keyakinan, landak bukan hewan pengerat. Mereka adalah kelompok hewan insectivora, sama dengan hewan seperti tikus mondok, shrews, dan Vole. Mereka sama sekali tidak berkaitan dengan landak, meskipun penampilan yang agak serupa menyebabkan banyak orang salah mengartikan landak mini (hedgehog) sebagai bayi porcupine.

Di mana landak tinggal di alam liar?
Pada dasarnya, di seberang di Eropa, Asia, Afrika, dan Australia. Tidak ada landak spesies yang asli di Amerika Utara atau Amerika Selatan. Yang landak yang paling sering disimpan sebagai hewan peliharaan biasanya dari Afrika. Landak ini biasanya tinggal di daerah dataran, di daerah-daerah yang sering panas dan kering.

Apa yang landak makan?
Landak dianggap insectivores, yang berarti bahwa diet utama mereka adalah serangga dari berbagai jenis. Selain itu, tampaknya landak agak oportunis, dan bersedia untuk makan tikus kecil, reptil, burung bersarang tanah telur dan fledglings, dan kadang-kadang potongan-potongan bahan-bahan tanaman seperti sayuran dan buah-buahan.

Bagaimana landak hidup liar?
Landak liar biasanya adalah hewan soliter, selain ibu-ibu dengan anak, dan pasangan selama perkawinan. Mereka sering memiliki rumah wilayah di mana mereka basis pengembaraan mereka di sekitar. Perempuan akan sering berbagi wilayah, meskipun tetap dalam kebiasaan terpisah mereka sendiri dan perilaku. Laki-laki mungkin lebih teritorial, dan kurang toleran terhadap laki-laki lain mengintai wilayah yang sama. Tampaknya mereka menikmati mengambil keuntungan dari pra-menggali lubang yang dibuat oleh hewan lain seperti kelinci, kelinci, musang, dan hewanpenggali lainnya. Mereka sering menutup liang ini dengan rumput dan dedaunan, menciptakan sebuah ruang nyaman di mana mereka dapat  tidur di siang hari. Landak merupakan hewan nokturnal, mereka berburu dan mengembara antara senja dan fajar. Gerakan lambat khas mereka, dan kecenderungan untuk menggulung menjadi bola adalah penyebab utama mereka ditakuti “predator”

Merawat Anak Landak Mini

Jumlah anak Landak bervariasi mulai dari 2 hingga 8 atau 9 ekor. Rata rata  4 ekor.  Saat lahir, landak memiliki panjang satu inci, buta, polos dan sepenuhnya tergantung pada ibu mereka Ketika lahir, mereka diliputi cairan membran yang menutupi punggung dan akan mengering setelah 6-12 jam, punggung akan mulai menyodok melalui celah kulit. Duri pertama ini sangat lembut dan seperti rambut. Duri keras pertama tidak tumbuh dalam dua minggu lagi. Saat menyusui, induk landak perhatian terhadap anak-anaknya seperti induk kucing. Bayi tumbuh sangat cepat selama waktu ini. Setelah sekitar 4 atau 5 hari, Anda dapat melihat puncak perhatian induk landak terhadap anaknya. Dia mungkin akan mendesis pada Anda untuk mencegah anda mengusik anak anaknya. Tetap awasi sampai mereka sekitar tiga minggu. Pastikan pasokan makanan yang cukup dan bergizi dan memiliki banyak air.

Pada usia tiga minggu bayi sudah cukup besar. Mata mereka mulai membuka dan telah memasuki masa bergerak aktif. Pada saat ini mereka telah menguasai seni khas landak yaitu menggulung seperti bola.   Anda dapat menyentuh  mereka dengan lembut sekarang. Ibu tetap akan mendesis dan melompat  untuk mencoba melindungi bayi-bayinya. Jangan khawatir, karena ini adalah tanda ibu yang baik. Jika ingin bermain ambilah secara bergantian satu persatu, angkat keluar kandang masukkan kembali ke dalam sarang dan kemudian mengambil berikutnya. Jangan memegang anak landak lebih dari satu menit. Induk landak  tidak boleh terlalu khawatir dengan aktifitas anda. Pada minggu ke 5 anda dapat bermain lebih lama. Ibu sudah mulai menyapih dan anak landak mulai mencari makan sendiri. Jangan pisahkan anak landak dari induknya setidaknya 6 minggu, karena mereka secara emosional masih bergantung pada induknya.

Pada 6 minggu, induk akan bosan dengan sekarang anak landak telah disapih. Terlihat dari jumlah waktu ia menghabiskan di luar sarang. Pada saat ini Anda harus memiliki kandang lain siap untuk anak-anak. Pindahkan mereka dari kandang induk dan menempatkan mereka dalam kandang baru. Pada sekitar sepuluh minggu, mereka tumbuh dewasa dengan tubuh dipenuhi  duri Ketika ini terjadi, warna mereka bisa tetap sama atau mungkin berubah dalam semalam. Saat dewasa warna baru tidak akan berubah lagi

Jika Anda menemukan anak landak yang  ditolak oleh induknya, Anda dapat mencoba menitipkan pada induk lain yang memiliki usia sebaya. Atau bisa juga anda menyuapi sendiri. Saya menemukan bahwa banyak bayi landak yang cacat ditolak induknya. Jika tidak memiliki indukan lain yang sudah menyusui, bisa dicoba dengan susu kambing yang diteteskan menggunakan pipet setiap 3 - 4 jam. Sambil memberi makan, anda juga dapat membantu mereka untuk buang air kecil dengan membelai lembut perut bagian bawah. Memberi makan dengan menyuapi sendiri hanya boleh digunakan sebagai jalan terakhir, bukan bertujuan untuk menghasilkan landak yang jinak karenatTingkat kelangsungan hidup dengan metode ini kecil.

Cara Mengawinkan Landak

Sebelum membuat keputusan untuk beternak landak, Anda harus terlebih dahulu mempertimbangkan alasan mengapa Anda berniat untuk mengembangbiakkan biak mereka. Jika memelihara untuk tujuan komersil lakukan persiapan yang matang dengan segala konsekuensinya. Perlu diketahui induk landak membutuhkan perhatian yang cukup terutama saat hamil dan pasca melahirkan. Jika merasa terganggu (khususnya satu minggu sebelum atau sesudah melahirkan), dimungkinkan landak akan memangsa anaknya sendiri. Selama beberapa minggu berikutnya, Anda akan banyak menghabiskan waktu setiap hari untuk menangani anak-anak landak apalagi jika anda melakukan breeding dalam jumlah besar.
Jika Anda akan beternak landak pilihlah indukan dengan teliti. Idealnya, keduanya harus memiliki fisik yang baik, kuat, sehat, dan berasal dari keturunan yang baik. Pasangan landak juga harus memiliki  karakteristik kepribadian yang baik pula karena akan menurun pada anak-anak mereka. Induk betina harus berusia antara 5 hingga 12 bulan saat pertama kali dikawinkan. Tidak boleh lebih muda atau tidak lebih tua. Jika landak terlalu muda, dapat menyebabkan kerusakan permanen pada organ reproduksinya. Setelah landak berumur satu tahun, peluangnya hamil untuk pertama kalinya turun secara drastis.

Karena Anda akan membawa betina ke kandang jantan, (ini lebih menjamin keberhasilan pembiakan) bersihkan kandang, hilangkan semua mainan, tabung atau kotak yang mungkin akan menghalangi perkawinan. Biarkan mereka bersama-sama selama sekitar 7 hari. Segera setelah ditempatkan bersama-sama, laki-laki akan mulai mencicit mengejar betina. Landak betina tidak akan pasrah begitu saja, dia akan menolak dan berlari-lari mengelilingi kandang. Terlihat seolah-olah mereka berkelahi, tapi jangan khawatir - ini adalah perilaku alamiah menjelang perkawinan. Begitu dirasa cukup betina akan berhenti dan mengangkat pantatnya sehingga landak jantan akan mudah mengawini. Akan tetapi  tidak setiap pejantan serta merta akan kawin jika anda tonton oleh karena itu, sebaiknya tinggalkan mereka sendirian untuk sementara waktu untuk memastikan kesuksesan perkembangbiakan.
Setelah 7 hari kemudian bersihkan kandang. Anda bisa juga mengulang perkawinan dengan membiarkannya satu minggu kemudian untuk memastikan kehamilan. Sekali lagi,  tinggalkan mereka bersama-sama selama 7 hari dan kemudian angkan pejantan. Jangan biarkan pejantan terus bersama induk betina saat  beranak karena keduanya dapat memakan bayi landak!
Catatan semua tanggal aktifitas sejak perkawinan. Masa kehamilan landal sekitar 35 hari, sehingga anda dapat memprediksi dan melakukan persiapan kandang. Seorang peternak yang baik akan menyimpan catatan yang sangat
lengkap, sehingga dapat diketahui silsilah pejantan, betina, usia mereka, warna dll. Semua informasi ini akan berguna bagi Anda nanti. Sebagaimana telah disebutkan, kehamilan akan berlangsung sekitar 35 hari, walaupun beberapa kasus juga terjadi landak hamil hanya 30 hari dan ada pula yang 46 hari. Jika dalam 35 hari belum ada tanda tanda berilah toleransi hingga 11 hari ke depan.

Landak hamil memerlukan kotak sarang dan dipersiapkan minimal satu minggu sebelum tanggal jatuh tempo pertama. Ada berbagai desain kotak sarang dan bahan yang dijual di petshop-petshop. Tidak perlu terlalu panjang dan besar. Sebagai contoh, yang populer dan sangat sederhana adalah dengan menggunakan kotak sarang yang dapat dibuat dari ember plastik es krim 1 galon. Bersihkan secara menyeluruh dan hapus label yang menempel. letakkan terbalik sehingga tutup es krim nantinya menjadi alas.  Buat lubang berdiameter 4 inci di samping. Lubang dibuat 1 inci dari atas alas. Tujuannya agar anak landak nantinya tidak dapat berjalan keluar sarang sebelum waktunya. Jika Anda ingin membuat sesuatu yang lebih rumit, Anda dapat membuat kandang pembiakan khusus. Didalam kandang biasa, tambahkan tabung PVC berdiameter 4 inci . ujung yang satu berada didalam kandang dan ujung lainnya menembus keluar kandang. Ujung yang berada diluar bisa anda tutup dengan penutup peralon ukuran 4 inci pula. Jangan dilem secara permanen. Keuntungan dari jenis kotak sarang ini akan memudahkan kita memeriksa bayi landak tanpa mengganggu induknya. Induk betina akan mulai kembali keluar untuk makan di hari kedua atau ketiga setelah melahirkan, peralon 4 inci dianggap ideal karena anakan landak akan tetap terkumpul sehingga mendapat susu induknya secara merata. tingkat kematian selama minggu pertama bisa tinggi. Jika dilengkapi dengan tabung seperti ini, induk betina akan lebih banyak mengasuh anaknya disarang dan hanya sesekali keluar untuk  memindahkan sampah ke luar tabung

Selama dua minggu terakhir kehamilannya, tingkatkan porsi makanan landak. Bersih kandangnya (tidak perlu disucihamakan) tiga hari sebelum tanggal jatuh tempo. Lanjutkan untuk melihat dan memantau saat induk sedang makan. Dengarkan apakah ada suara decitan kecil dari dalam kotak sarang.  Minggu pertama adalah waktu yang sangat penting bagi induk landak betina.  Sedikit gangguan dapat menyebabkan landak membunuh dan memakan bayi-bayinya. Jika salah satu dari anak landak lahir di luar kotak pada minggu pertama, jangan menyentuhnya! Bau tangan Anda di bayi landak sangat mungkin menyebabkan ibu untuk menolak atau membunuh anaknya. Sebaiknya, gunakan sendok yang bersih dan mengembalikannya ke sarang ketika induk landak tidak melihat. Gunakan makanan untuk mengalihkan perhatian.

Jenis Landak Mini

Berdasarkan Warnanya Landak mini dikenal dalam beberapa jenis :






  

  

































































































































































4 Agt 2012

Memilih Landak yang Berkualitas


Berikut merupakan faktor penentu anda dalam memperoleh landak mini sehat dan berkualitas:
  • Mata terkondisi baik, bulat, bercahaya, terbuka lebar dan bersinar tanpa cairan serta tidak memiliki semacam lapisan putih pucat di bagian tengah (seperti ini sering disebut dengan katarak)
  • Hidung bersih dan lembab (layaknya hidung sapi) dan tidak meler atau tidak kering kusam
  • Moncong bersih, tidak ada bintik-bintik putih yang berkeliaran di area moncong (ini petunjuk awal apakah landak tersebut berkutu/tidak, disamping juga perlu mengecek kulit di bagian pangkal bawah duri)
  • Telinga pendek, bersih tanpa ada kotoran atau lapisan keras dibelakangnya, tidak ada cairan hijau yang keluar/meler dari bagian lubang telinga.  Seringkali terdapat  kejadian telinga dikunyah oleh anak/temannya. Selama telinganya telah sembuh maka ini tidak perlu anda khawatirkan.
  • Duri, tidak mengalami kebotakan/rontok akibat penyakit/kutu/jamur/kelembapan kandang yang terlalu basah dalam intensitas waktu lama
  • Kulit, sebaiknya lentur dan halus tidak berkerak karna bisa jadi landak tersebut kutuan bahkan jamuran
  • Bulu rambut pada perutnya halus dan tidak kusut, tidak ada kotoran yg menempel ataupun kerak
  • PUP: padat, tidak diare/cair kehijauan
  • Kaki tidak ada yang cacat/patah/lumpuh, jari – jari semua utuh dan antar batang jari benar-benar terpisah (tidak menempel / “ganjet”)
  • Alat kelamin, harus kering tidak terdapat luka, tidak terlihat merah2 bekas darah dan tidak membengkak
  • Badan padat sehat (bukan lemak, bukan obesitas), asalkan ketika dia diletakkan diatas meja badannya bisa berjalan tegak it’s no problem!!!, tapi apabila berjalannya terhuyung-huyung, atau kesulitan tegak segera cari pilihan landak mini lain.
  • Berat landak: 250-700gram, Landak yg dipilih harusnya memiliki berat yg ideal alias tidak kegemukan atau obesitas karna akan menyebabkan berbagai penyakit dalam yg berbahaya tetapi juga tidak boleh kurus dan terlihat cekung badanya karna bs jadi itu menunjukan landak mempunyai suatu penyakit
  • Aktif dan lincah, suka langsung mengendus si  obyek  pemegang (tidak menggulung terlalu lama atau bahkan menegakkan durinya sambil meng-klik)
  • Temperamen, Sebenarnya semua landak mini bs menjadi sangat jinak tergantung dari pembiasaan kita tetapi ada beberapa landak mini yg memang mempunyai sifat galak sejak lahir dan sulit dijinakkan. Ketika memilih amatilah landak mini yang akan anda beli apakah dia mendesis, melompat atau meng klik. Mendesis itu wajar karna dia masih takut dengan kita sedangkan meng klik berati dia mengancam anda sebaiknya kalo seperti itu pilih landak yangg lain saja, terutama apabila yang anda cari adalah landak mini betina (dikhawatirkan sifat yang terlalu agresif akan berakibat kurang baik terhadap anda secara langsung yang membutuhkan binatang kesayangan yang bisa dipegang/dielus-elus, juga pada kwlitas anakannya yang sering mengarah pada ketidakbisaan sang indukan dalam merawat si anak akibat terlalu mudah stres atau kaget bila kita dekati saat memberi makan atau mengganti serutan kayu yang kotor). Hal wajar bila landak yg takut tiba-tiba membola akan tetapi itu hanya beberapa detik saja dan jika landak mem bola terlalu lama alihkan saja pilihan kepada landak yang lain

Merawat Ulat Hongkong

Sebagai salah satu jenis makanan untuk kebutuhan stamina, pembesaran sekaligus selingan bagi landak mini, kita sering dihadapkan pada permasalahan akan sering matinya ulat hongkong yang kita beli, entah dalam pembelian skala kecil 1 ons, 2 ons, atau bahkan sampai berkilo-kilogram, dan kita akan bertanya-tanya apa sih penyebabnya? dan bagaimana cara merawatnya supaya tidak mudah mati dan kering (menghitam)?..

Tentunya kita tidak mau kan ulat hongkong yang telah kita beli untuk dijadikan konsumsi sekunder landak mini, yang hanya bisa diberikan tidak secara rutin (tidak setiap hari), tapi justru berakhir pada kematian setiap harinya..
Berikut adalah penjelasan dan sedikit informasi mengenai seluk beluk ulat hongkong beserta pakanannya, sehingga ulat hongkong yang kita beli akan lebih kuat dan berumur lebih lama.
Sebelumnya saya coba jelaskan berdasarkan narasumber, bahwa ulat hongkong mempunyai beberapa kandungan nutrisi diantaranya adalah sebagai berikut;

I. Tabel Kandungan Nutrisi Ulat Hongkong
No
Kandungan
Prosentase (%)
1Protein kasar
48%
2
Lemak kasar
40%
3
Kadar abu
3%
4
Kandugan ekstrak non nitrogen
8%
5
Kadar air
57%

Kandungan lemak yang terdapat pada ulat hongkong sering lebih tinggi daripada kandungan proteinnya, sehingga pemberian ulat hongkong yang berlebihan dapat menyebabkan kegemukan pada binatang yang mengkonsumsinya dengan segala aspek ikutanya.

II. jenis –jenis pakan ulat hongkong
Bahan makanan /konsumsi ulat hongkong terdiri dari beberapa macam jenis yang ada di sekitar kita diantaranya adalah;
  • Polard/ Makanan Ayam
  • Bahan pakan lain
a. Ampas tahu
b. Batang pohon pisang
c. Batang talas
  • Buah-buahan
a. Pepaya
b. Manisah/labu siam
  • Sayuran
a. Bisai
b. Sawi
Atau dengan kata lain pakan ulat hongkong yang cukup murah seperti tersebut di atas dapat juga di peroleh dari pakan atau sayuran yang banyak mengandung air.

Tabel pemberian makanan bagi ulat hongkong
NO
Jenis pakan
Polard ( kg )
Buah-buahan dan sayuran ( kg )
1
Sesuai dengan ukuran
Kotak 60x40x6x1,5 cm
Adalah ¾ kg
Sayuran/buah-buahan selama kurun waktu 24 jam secara rutin (perperiode) (agar tidak membusuk )
Jumlah pakan yang harus di berikan pada ulat hongkong tergantung pada kapasitas ulat hongkong pada papan pemeliharaan ,semakin lebar ukuran papan maka semakin banyak pula pakan yang harus diberikan.

III. Permasalahan :
  • Penyakit
Ciri-ciri ulat yang terkena penyakit dan penanggulangannya:
1. Kulit ulat kuning kehitam-hitaman.
Jangan terlalu banyak diberi makan dari daun-daunan, dan jangan terlalu banyak diberi dedak.
2. Ulat mati berwarna merah.
Apabila hal ini terjadi, maka pencegahannya adalah pemberian pakan tidak terlalu basah. Hal ini harus segera diatasi karena penyakit ini selain menular menyerang dengan cepat.
3. Ulat mati berwarna hitam
Hal ini terjadi apabila pemberian makanan disebar, biasanya terjadi pada ulat dewasa usia 1 sampai 3 bulan, maka alangkah baik pemberian makanannya dilakukan secara dikepal-kepal.

IV. Dampak pemakaian ulat hongkong sebagai pakan ternak khusunya landak mini
  • Dampak Positif Pemakaian Ulat Hongkong
  1. Landak Mini anakan yang diberikan ulat hongkong secara teratur/rutin, akan mempercepat tingkat pembesaran dan penggemukan.
  2. Landak Mini usia Indukan (persiapan pengembangbiakkan/dikawinkan), akan memiliki tingkat kesuburan yang cukup tinggi, bisa memungkinkan kesempurnaan organ calon bayi nantinya, penguatan/perbaikan gizi, sebagai sumber protein dan lemak untuk persiapan kehamilan dan perkawinan)
  3. Landak Mini menyusui, bila diberikan secara rutin akan meningkatkan kualitas protein dalam ASIL (Air Susu Ibu Landak) sehingga kualitas anakan akan lebih baik (pertumbuhan relatif cepat besar, sehat, dan normal)
  4. Perangsang insting berburu landak mini terhadap serangga (seperti pada habitat aslinya), sehingga tidak menjadi hewan yang pemalas 
  5. Sebagai makanan selingan bagi landak mini (mencegah kejenuhan/bosan terhadap pakan primer)
  6. Perangsang nafsu makan bagi landak mini yang mogok makan akibat jetlag (pasca pengiriman luar kota, stres, ataupun baru ganti merk pakan primer)
  • Dampak Negatif Pemakaian Ulat Hongkong
  1. Menambah biaya perawatan
  2. Tingginya kadar protein pada ulat hongkong, bila diberikan terlalu banyak dipercaya dapat berakibat fatal pada landak mini, yaitu pecahnya ginjal, pencernaan tidak sehat dan juga tak kalah berbahaya yaitu penyakit katarak
  3. Tingginya kadar lemak pada ulat hongkong, bila diberikan terlalu banyak dipercaya dapat menimbulkan kegemukan (obesitas) dan efek lainnya.

Demikian sekelumit tentang cara memelihara beserta seluk beluk ulat hongkong, semoga bermanfaat.

Diambil dan disimpulkan dari beberapa narasumber:
  • http://galeriukm.web.id/peluang-usaha/usaha-sampingan-budidaya-ulat-hongkong
  • http://questbird-ulathongkong.blogspot.com/
  • http://www.ciputraentrepreneurship.com/agrobisnis/3214-rumpoko-sukses-dengan-ulat-hong-kong.html

Jantan atau Betina ?

Membedakan Landak jantan dan betina cukup mudah, hampir sama dengan mamalia lainnya :

Sangat jelas terlihat perbedaannya, yaitu landak jantan memiliki alat kelamin yang lebih menonjol dan letaknya di atas (mendekati perut)
Sementara landak betina tidak ada yg menonjol selain ekornya. hehehe…

Penyakit Landak Mini

Banyak diantara kita yang bertanya-tanya, disamping perawatan landak mini yang relatif cukup mudah, apakah landak mini juga bisa sakit? dan penyakit-penyakit apa saja sih yang bisa menyerang landak mini?
yukk…kita coba pelajari dan bahas mengenai penyakit-penyakit umum pada landak mini, tentunya agar kita kenal (tahu) dan bisa berusaha melakukan pencegahan dan pengobatannya....

  1. Jamur, ini adalah penyakit umum yang disebabkan oleh kondisi lingkungan yang kurang bersih dan terlalu lembab tentunya, jamur pada landak mini umumnya menyerang bagian kulit punggung, muka, dan telinga.  Bahkan pada telinga bisa menyebabkan lendir yang keluar dari telinga (congekan.Red) dan duri rontok pada punggungnya (awalnya seperti botak kecil yang lama kelamaan bukan tumbuh, tapi kebotakannya makin melebar dan diimbangi bercak-bercak putih di sekitar punggung (area yang mengalami kebotakan).
  2. Kutu, juga ditimbulkan karena lingkungan yang kurang bersih dan lembab, bahkan kutu senang berpindah-pindah tempat dari landak mini yang satu ke landak mini yang lainnya. Penampakan kutu lebih mudah dilihat pada bagian kulit punggung dan moncong si landak mini, berbentuk semacam butiran-butiran mikro putih yang apabila diperhatikan ia akan bergerak/berlari mengitari area kulit dimana kutu tersebut hinggap. Tak jarang keberadaan jamur dan kutu ini menimbulkan perasaan dan sifat gatal pada landak mini yang mengalami nya. Terlalu sering menggaruk-garuk area kulit punggung, wajah dan telinga juga bisa menjadi indikator si landak mini terkena jamur dan kutu.  Jamur maupun kutu yang diderita seekor landak mini tentu sangat memungkinkan untuk ditularkan terhadap temannya (sekandang maupun beda kandang namun bisa kontak udara langsung dengan si landak penderita). Sehingga mengharuskan anda untuk lebih berhati-hati jika telah memelihara beberapa ekor landak mini.
  3. Obesitas, penyakit ini disebabkan karena landak mini terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dan gula yang tinggi (catfood/dogfood yang digunakan harus diperhatikan kandungan komposisinya dan diet tepat). Obesitas yang terus dibiarkan juga dapat memicu timbulnya penyakit hati berlemak yang sangat berbahaya untuk landak mini.
  4. Influenza, lagi-lagi penyakit ini disebabkan oleh lingkungan kandang yang kurang bersih, juga pemilihan bedding serbuk kayu yang kurang tepat (terlalu halus dan berdebu yang memungkinkan debu-debu tersebut akan terhisap kedalam saluran pernafasan si landak mini). oleh karena itu, jangan memilih serbuk kayu yang terlalu halus tekstur dan butirannya untuk landak mini.
  5. Scabbies, ternyata landak mini juga bisa terserang scabbies yang biasanya menyerang kucing / anjing, ini disebabkan karena interaksi dengan binatang lain yang kotor seperti tikus, kucing kampung, dll.
  6. Diare, penyakit diare diindikasikan dengan kondisi PUP landak mini yang sangat cair dan berwarna hijau terang (wajib dibedakan antara PUP sangat cair/mencret dengan PUP lembek/normal). Penyakit ini bisa timbul karena kondisi kandang/serbuk kayu sebagai alas yang kotor dan jarang dibersihkan, kondisi kotak pakan dan botol minum yang terlalu kotor, bahkan sempat terkena PUP landak mini secara langsung yang kemudian langsung ditimpa dengan catfood/dogfood tambahan tanpa dibersihkan terlebih dahulu, sehingga menyebabkan pakan/minumnya tidak steril dan menjadi tempat tumbuhnya bakter/kuman yang apabila termakan/terminum oleh landak mini akan menyebabkan gangguan pencernaan.
  7. Mata Belekan (bukan karena tertusuk duri), kondisi mata yang awalnya normal kemudian menjadi sedikit tertutup dan ditepi-tepi kelopak terdapat semacam lapisan lengket/kering (seperti belek). hal ini biasanya disebabkan debu-debu mikro serbuk kayu yang menempel di area kelopak mata namun tercampur dengan air yang biasanya melembabkan mata secara alami,,, sehingga ketika mengering akan menjadi belek dan membuat kelopak mata menjadi lengket/susah terbuka.

Adapun beberapa penyakit penting/berbahaya yang dapat menyerang landak mini adalah :
  1. Kanker, seperti pada manusia landak mini juga tak jarang terserang kanker, juga sering menimbulkan tumor pada tubuh landak mini.
  2. Hati berlemak, ini penyakit yang sangat berbahaya bagi landak mini, disebabkan karena makanan yang tidak diatur dengan baik, dan terlalu sering mengkonsumsi makanan berlemak tinggi.
  3. Katarak, penyakit ini pada umumnya diderita oleh landak mini yang berumur sudah cukup tua atau bisa juga landak mini muda yang oleh pemiliknya diberi ulat hongkong melebihi dosis yang semestinya (protein yang terlalu tinggi)

Hal terbaik yang dapat kita lakukan setelah mengetahui dan mengenal macam-macam jenis  penyakit landak mini yang dijelaskan diatas adalah melakukan pencegahan.
CARA PENCEGAHAN PENYAKIT LANDAK MINI:
  1. Angkat kotoran padat dan cair landak mini pada serbuk kayu setiap hari dan ganti seluruh serbuk setiap 5 hari sekali (atau ketika sudah nampak kotor dan menimbulkan bau yang tidak sedap).
  2. Bila memungkinkan, cuci bersih kandang landak mini dengan antiseptik secara rutin (atau ketika setiap kali dibersihkan).
  3. Mandikan landak mini secara rutin tiap 2 minggu sekali dengan sabun anti kutu dan akhiri dengan menyemprotkan obat anti kutu di tubuhnya.
  4. Bersihkan kuku, telinga, dan anggota tubuh landak mini yang rentan kotor.
  5. Hindari kontak langsung si landak mini oleh binatang lain seperti kucing, tikus, cicak, lalat, dll.
  6. Rajin dan rutin menjemur landak mini di pagi hari (sekitar jam 7 – 9 pagi) selama kurang lebih 10-15 menit.

CARA PENGOBATAN PENYAKIT LANDAK MINI (langkah-langkah yang dilakukan adalah secara seksama sesuai penyakit yang diderita) :
  1. Jamur & Kutu : biasa diobati dengan cara memandikan landak mini dengan sabun anti kutu (sampo kucing) bertahap dan bisa dilakukan beberapa kali sekaligus apabila diperlukan, rajin menjemur landak mini di bawah matahari pagi, disemprot dengan obat anti kutu secara rutin, beri vitamin tambahan untuk meningkatkan kekebalannya karena kutu dan jamur yang sudah menyerang terlalu lama tentu akan mempengaruhi tingkat kekebalan dan nafsu makan si landak mini. (Pada masa terjangkit dan perawatan, jauhkan/isolasi landak mini yang mendertia jamur/kutu dari landak mini lain yang sehat untuk mencegah terjadinya penularan).
  2. Obesitas : dapat dinormalkan kembali dengan cara mengubah pola makan landak mini, merk pakan ke tingkat lemak yang lebih rendah, diet ketat (mengurangi porsi makan secara signifikan), kurangi pemberian makan-makanan tambahan yang tinggi lemak seperti Ulat Hongkong/Ulat Jerman.  Berat badan landak mini berlebih juga dapat dinormalkan dengan cara memperluas kandangnya sehingga landak mini dapat bergerak dengan bebas atau menambahkan alat olahraga tambahan seperti jogging wheel khusus untuk landak mini.
  3. Influenza : dapat disembuhkan dengan memberikan obat antibiotik semisal amoxycilin sesuai dengan dosis untuk landak mini, dicampur kedalam wadah minum atau langsung diberikan secara manual dengan menggunakan spet/alat suntik yang dilepas ujungnya, dan tentu harus rajin menjemur landak mini.
  4. Scabbies : satu-satunya cara untuk mengobatinya adalah dengan disuntik (langsung dikonsultasikan kepada dokter hewan / vet).
  5. Diare: terdapat beberapa alternatif dalam pengobatan diare antara lain: memberi tambahan menu ulat hongkong untuk memperkeras PUPnya, beri Ulat Bambu (cara ini biasanya lebih efektif namun sedikit lebih merepotkan kita untuk mencarinya secara langsung atau beli ke pasar burung tradisional), juga bisa dengan pemberian 5tablet NORIT yang dihaluskan dan dicampur pada air minumnya atau diberikan langsung dengan spet/alat suntik yang dilepas ujungnya kemudian diteteskan dimulut si landak mini (penggunaan obat Norit ini ditujukan untuk menyerap racun yang terdapat dalam saluran pencernaan si landak mini)
  6. Mata Belekan: cukup mudah untuk menangani landak mini yang terkena belekan, anda tinggal menyiapkan lap kering yang sebelumnya diberi air hangat, kemudian dioleskan/dibasuhkan di area kelopak mata yang lengket akibat belek tadi, hingga lapisan tersebut menjadi lunak yang kemudian akan terlepas dari kelopak mata. setelah lapisan belek tersebut hilang, anda bisa memberi obat tetes mata (inst* atau roht*) di bola matanya dengan dosis sedikit saja..cukup teteskan pagi sore,,,sebagai penetralisir bakteri/iritasi yang kemungkinan hinggap di area mata biasanya mata landak mini akan langsung terbuka normal kembali..
Demikian info mengenai PENYAKIT LANDAK MINI yang umumnya sering menjadi masalah dan diderita oleh landak mini berikut cara pencegahan dan pengobatannya. 
Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu teman-teman untuk makin mengenali seluk beluk dan cara-cara perawatan landak mini. Terimakasih.

Landak berkutu ?

Banyak teori bagaimana hedgie /landak susu bisa berkutu. Sebetulnya landak tidak akan berkutu apabila kebersihan landak dan kandangnya terjaga. Kutu yang hidup didalam landak ada 2 tipe, satu yang kita sebut external parasite, artinya dapat terlihat dengan mata atau hidup diluar permukaan kulit. Yang kedua internal parasites yang akan dibahas dibawah.

External parasites ada 3 macam, sayangnya dalam bahasa Indonesia dipukul rata semua dipanggil KUTU. Menyebabkan dari gatal, berkerak atau menebal pada lapisan pinggir kulit, sampai menyebabkan masalah kulit maupun menyebabkan penyakit yang serius.

1. Kutu / ticks
Mirip kutu pada anjing (memang kutu yg sama), kalau habis menghisap darah jadi semok gendut, kalau dipencet dengan kuku, isinya darah semua
Symptom : Garuk2, banyak luka, bertambah kurus
Alternatif pencegahan : Bersihkan kandang usahakan kering, tidak lembab, jangan ajak landak bermain di alam terbuka selama proses pengobatan maupun pasca sembuh sebab kutu ini bisa migrasi, tinggal didalam tanah kemudian kembali mencari host atau si landak tadi. Coba ubah pola/gaya hidup silandak.

2. Kutu / Fleas
Pasti inget dah kalau lagi musim kutu, yg ini kakinya banyak, berlari-lari di sekujur tubuh, bahkan bisa diam didalam kuping sehingga menyebabkan infeksi telinga
Symptom dan alternatif pencegahan sama dengan kutu/ticks

3. Kutu / Mites
Biasanya didapat dari landak susu lain maupun dari serbuk atau bahkan dari binatang lain seperti anjing, kucing, apabila landak stress, perubahan suhu yg drastis, sakit ringan, kutu ini akan menggunakan kesempatan untuk beranak pinak dan menyerbu
Symptom : Garuk2 terus, berketombe dan rontok duri (ujung duri yg bulat hilang dimakan si kutu), bahkan kita mungkin bisa melihat mahluk2 nan mungil berwarna putih tamasya di kulit landak kita
Alternatif pencegahan : bersihkan kandang dengan obat khusus anti kutu, jg tempat makan, minum, area bermain, usahakan semua sudah kering waktu landak kita kembalikan. Jangan pernah memberikan suntikan invermectine untuk landak, kalau dosis untuk kelinci saja 1 cc. coba kita bayangkan berapa dosis untuk landak? Jangan pernah “merendam’ landak di larutan amitraz ataupun memakai Shampoyang mengandung bahan benzoyl peroxide. cukup shampoo biasa dan tidak perlu dimandikan berulang2 (cukup 2 kali /bulan). Diteteskan Revolution (sealmectin) itu bisa menghilangkan kutu tapi tidak akan total, karena sekali lagi, kutu bisa bersembunyi dimana saja
Jenis2 kutu/mites :
1. Saroptic lebih dikenal sebagai scabies atau sarcoptic mange. Kutu ini hidup pada semua hewan berbulu atau hidup> Hati2, manusia juga bisa diserang loh. Tanda terserang scabies seperti reaksi alergi (iritasi pada kulit).
Bila kita “menyisir” kulitnya beberapa kali, kita baru bisa melihat tuh kutu, umur scabies ini 21 hari

2. Psoroptes. Mereka tidak seperti kutu2 lain, mereka mencari perlindungan dan beranak pinak dibawah kulit, umurnya hanya 9 hari tapi sekali beranak..alamak deh..biasanya menyerang binatang ternak ketimbang binatang peliharaan

3. Chorioptes, berbentuk agak oval abu2/putih, berpindah dari host ke host atau dari serbuknya juga. Kalau infeksi dari kutu ini, kelihatan kulit menjadi bercak kasar dan seperti berketombe tapi berlapis2 pada ujung2nya

Karena semua jenis kutu /tick/flea/mite bisa hidup di host atau binatang lain, usahakan untuk memutus rantai/siklus kehidupan si kutu.
Tapi kelinci, hamster, marmut, biasanya terserang kutu–mites yang ukurannya sangat kecil, kadang2 kita lengah dan tahu2, binatang kita mulai berkerak di bagian sela2 kaki, pinggiran kuping, sekitar mulut.
Biasanya mereka ”menyikat” kerak2 tersebut hingga copot dan berdarah, baru di berikan betadine, salep scabies atau salep anti kutu apapun.
Binatang itupun dimandikan, area kandang disemprot dengan anti kutu dsb.

Memandikan Landak

Hedgehog atau landak susu sesuai dengan habitatnya tinggal di permukaan tanah, mereka wajib dalam kondisi. Oleh sebab itu tidak perlu dimandikan terlalu sering. Hanya karena kebutuhan kita akan landak sebagai pet, maka kita juga mewajibkan mereka bersih dan wangi supaya sehat untuk udara di rumah kita sendiri.


Apabila mereka menemukan bebauan yang tidak dikenal, mereka akan menjilati tubuh mereka sendiri untuk menebarkan ludah mereka yang telah berbentuk busa di antara duri mereka dan kegiatan ini membuat mereka jadi kotor. Inilah yang disebut self anointing. Kalau kegiatan self anointing ini semakin sering, sudah saat nya si landak susu mandi.

1. Area memandikan dapat menggunakan baskom, tempat cuci, bak mandi, ataupun wastafel. Saya sendiri lebih suka menggunakan baskom dengan pertimbangan landak tidak mudah memanjat baskom. Sebaiknya air disiapkan sebelum landak dimasukkan. Usahakan selalu mengecek temperatur air terlebih dahulu sebelum mencelupkan si landak agar mereka tidak kaget
Landak susu adalah perenang yang baik, sehingga aman membuat mereka “berenang” di area mandi yang berisi air cukup dalam (tapi jangan coba2 di kolam renang ya), jangan pernah ditinggalkan sendirian, karena apabila mereka lelah berenang, mereka akan tenggelam atau memanjat keluar sehingga bisa jatuh ke lantai.

2. Untuk sabun atau sampo, bisa mengunakan segala jenis sabun /shampo cair, pilih yang tidak memakai wewangian dan tidak dianjurkan sabun pribadi anda. Akan lebih baik gunakan yang tidak pedih di mata agar tidak menyakiti si landak. Tuangkan kira-kira segenggam ke tangan, kemudian usapkan di punggung, perut dan kaki…hindari mata dan telinga. setelah selesai, siram dengan air hingga bersih. Jika ada kotoran yang sulit lepas atau membandel, gunakan saja sikat gigi untuk membersihkan. Setelah itu bilas hingga bersih, lalu bungkus si landak dalam handuk, dan tepuk2 hingga kering. Pastikan mereka punya tempat berlindung yang kering untuk menunggu duri mereka kering total, atau boleh juga di hair dryer (Jangan menggunakan suhu yang paling panas, gunakan saja suhu hangat dan selalu berpindah2 tempat, agar panasnya tidak menyengat kulit landak)

3. Pastikan sikat giginya bukan bekas menyikat gigi maupun menyikat lantai kamar mandi ataupun pantat panci, karena segala cairan kimia itu berbahaya untuk binatang peliharaan.

4. Dan yang terakhir, jangan mengajak landak anda piknik keluar setelah mandi, biarpun cuaca sedang cerah. Landak susu amat sensitif dengan perubahan cuaca, bisa pilek. Ini serius, jangan dijemur di bawah sinar matahari langsung, karena landak yg terkena sinar matahari langsung bisa buta

5. Jika punya beberapa landak, disarankan, jangan memandikan sekaligus, karena ada kemungkinan, landak saling melukai karena berantem atau dijadikan sarana untuk memanjat.

Sifat Landak Mini


- “Nocturnal” atau aktif pada malam hari, sedangkan saat siang hari landak mini cenderung menyembunyikan dirinya ditempat-tempat gelap.
- “Solitair” atau penyendiri merupakan sifat khas landak mini, ketika menginjak dewasa jangan menggabungkan landak mini sesama jenis dalam satu kandang, karena pasti akan terjadi perkelahian karena sifat tersebut diatas. Dan jangan takut juga bila anda hanya memiliki 1 ekor landak mini atau meletakkan 1 landak mini dalam 1 kandang. Mereka gak kesepian kok karena emang itu sifatnya (terkecuali ketika akan melakukan proses pengembang biakkan /pengawinan)
- Masa hidup landak mini relatif cukup lama yaitu berkisar 3-10 tahun, faktor-faktor yang mempengaruhi lama hidupnya adalah kwalitas pakan-minum/ kebersihan (kandang/tempat hidup)/ aktifitas dan? TAKDIR tentunya…
- Usia produktif untuk jantan dimulai dari 3-5bulan pertama, untuk betina (rekomendasi) diatas 6 bulan, Lama masa kehamilan 30-45 hari, Jumlah anak rata-rata 1-8 ekor
- Quilling (penggantian duri pada landak secara alami), fase pertama: usia 3-5minggu, fase kedua: usia 6-7minggu, fase ketiga: 8-10minggu, dan fase terakhir yaitu saat menjajaki usia remaja/dewasa: 12-16 bulan
- Annointing (ritual mengunyah media serbuk hingga membentuk buih/busa pada mulutnya yang kemudian dijilatkan ke tubuhnya), dilakukan ketika landak mini ada di tempat yang baru dengan bau lingkungan yang kuat,. Tidak ada penelitian khusus untuk mengetahui tujuan dari ritual ini, namun beberapa pakar/ahli percaya ritual ini digunakan untuk mengkamuflase dirinya dengan bau area yang baru tersebut.
- Suara-suara yang ditimbulkan landak mini:
  • Mendengkur saat tidur pulas: merasa nyaman dengan area sekitarnya
  • Mendesis sambil menegakkan duri-durinya: marah atau merasa takut/kaget
  • Meng-klik/men-decak: mengeluarkan bunyi  semacam ‘klik’ sebagai tanda marah/mengancam obyek lawan
  • Bersiul (chirping): bunyi landak mini jantan (seperti siulan atau ‘cip-cip’ anak ayam) saat birahi dan merayu betina untuk berlanjut pada proses perkawinan
- Suhu yang direkomendasikan untuk memelihara landak mini berkisar pada 21 – 27′C, diletakkan pada tempat cukup kering  (namun tidak langsung terkena sinar matahari dengan intensitas tinggi tiap harinya) dan memiliki sirkulasi penghawaan maupun pencahayaan yang cukup

Silsilah Genus

Sekedar diketahui, Landak Mini merupakan mamalia dari keluarga Erinaceinae. Terdapat 16 spesies Landak Mini yang terbagi dalam 5 Genus, dan ditemukan di Eropa, Asia, Africa dan New Zealand. Antara lain: Genus Atelerix, Erinaceus, Emiechinus, Mesechinus, Paraechinus.
Dalam pembahasan lebih lanjut disini adalah mengenai Genus Atelerix atau dikenal juga sebagai African Pygmy Hedgehog yang berasal dari Afrika Tengah.  Di dalam Atelerix  masih diklasifikasikan dalam 4 jenis lagi, namun 2 jenis yang lebih dominan untuk dipelihara di tanah air adalah atelerix algirus (algerian) dan atelerix albiventris (white-bellied) atau juga kombinasi keduanya (hasil silangan)

Kandang Dan Peralatan

KANDANG
Pada dasarnya untuk pemeliharaan landak, tidak diperlukan tempat khusus yang seperti pada habitat aslinya, untuk digunakan sebagai kandang, alternatifnya cukup gunakan akuarium kaca/acrilic atau container plastik atau juga kotak kayu. Namun yang terpenting adalah dimensinya mencukupi kebutuhan ruang gerak dan aktifitas landak mini. Rekomendasi untuk kandang landak mini adalah berukuran 50x50cm atau 40x60cm, sedangkan untuk tingginya tidak kurang dari 30cm (menghindari landak memanjat dan lepas)
Letak kandang terbaik adalah pada area dengan suhu normal: 21 – 27′C, memiliki sirkulasi penghawaan dan pencahayaan yang cukup baik.


SERUTAN KAYU
Digunakan sebagai media alas/bedding pada kandang landak mini anda. Fungsi lainnya adalah menyerap kotoran padat/PUP atau kotoran cair (PEE), penghangat tubuh landak saat malam hari, serta media kunyah landak saat annointing
Pastikan anda cukup teliti dalam memilih jenis serutan kayu yang digunakan, sehingga hewan kesayangan anda akan terjaga kesehatan  maupun kenyamanannya didalam kandang.


TEMPAT MAKAN DAN MINUM
Lebih direkomendasikan menggunakan bahan yang cukup lebar dan berat seperti kaca (misal: asbak kaca), wadah keramik, wadah pakan plastik yang telah diberi semen bawahnya, atau bahan-bahan lain yang tidak mudah untuk dibolak-balik oleh landak. Ketinggian wadah pakan juga harus diperhatikan, tidak terlalu rendah juga tidak boleh terlalu tinggi (harus mudah digapai oleh mulut landak) yaiut berkisar antara 4-8cm.
Untuk tempat minum, anda cukup menggunakan botol minum hamster, untuk ukurannya menyesuaikan: 80ml, 100ml, 125ml, 250ml tergantung kebutuhan dan kemudahan mendapatkannya. Untuk airnya cukup gunakan air putih matang/mineral sehingga terjamin kebersihannya.

INGAT!!! Jangan berikan susu berlaktosa terhadap landak mini!! Susu pada umumnya mengandung zat laktosa dan landak mini sangat rentan terhadap laktosa. Jika diberikan mula-mula landak akan terlihat gelisah, muntah, diare yang pada akhirnya sering mengarah pada kematian.


HIDDING BOX
Masih ingat tentang sifat landak “nocturnal”? Dia akan aktif pada malam hari, dan tidur pada siang hari. Hidding box berfungsi sebagai ruang gelap dimana tempat dia tidur. Keberadaan media ini sangat membantu dalam penyesuaian/adaptasi landak dengan kandangnya alias salah satu faktor penting dalam kenyamanan. Dan hidding box ini juga sangat berfungsi ketika landak mini dalam masa kehamilan, atau hendak melahirkan. Karena proses penyusuan hoglet-hoglet landak akan terjadi dalam hidding box, skaligus mencegah anak-anaknya tercecer keluar/menjauh dari induknya.
Bahan hidding box bisa dengan pipa paralon/ talang PVC  bentuk “U”, kotak sepatu, kotak triplek atau hidding box khusus yang biasanya didatangkan dari luar negeri.
Namun,,,, jangan lupa juga untuk menjaga kebersihannya,  cuci hidding beserta kandangnya maximal 5-7 hari atau ketika sudah terlihat kotor dan bau. Serta ganti juga serutan kayunya dengan yang baru.

Landak Mini (Foto)

Landak Mini (Foto)

Landak Mini (Foto)

Landak Mini (Foto)

Landak Mini (Foto)

Landak Mini (Foto)